Device and Server

Breaking News

Pendakian Gunung Prau 17 Agustus 2014

Alynugroho
Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI, saya merencanakan untuk melakukan pendakian gunung prau di wonosobo, jawa tengah.saya memilih gunung prau dengan alasan gunung nya tidak terlalu tinggi 2565 Mdpl, pendakian gunung tersebut normalnya 2-3 jam dan pemandangannya cukup bagus. Kemudian saya menyebarkan info tentang pendakian pada tanggal 16-17 Agustus kepada teman- teman saya. Beberapa hari sebelum tanggal 16 Agustus, saya mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk melakukan pendakian, seperti menyewa : Tenda Dome, Misting ( panci ), Kompor dan Gasnya, SB (Sleeping Bag ).

Pada tanggal 16 Agustus tepat pukul 9 pagi saya beserta teman- teman saya berangkat dari Klaten, tetapi sebelumnya kita transit di kos saya (jogja) terlebih dahulu, karena mengambil peralatan untuk pendakian tersebut. Sesampai di kos, kita langsung istirahat sebentar, yang awalnya direncanakan berangkat dari kos (Jogja) menuju Gunung Prau setelah Dzuhur, tetapi akhirnya molor sampai setelah Ashar, karena teman- teman saya tertidur dikos saya. Setelah selesai sholat Ashar kita segera mengecek kembali semua peralatannya, setelah semuanya komplit, kita langsung berangkat menuju gunung prau. Di tengah perjalanan kita istirahat untuk sholat magrib dan Isya kemudian dilanjutkan untuk makan malam.

Akhirnya kita sampai di basecamp gunung prau (patakbanteng) sekitar pukul 9 malam. Kita istirahat sebentar sebelum melakukan pendakian. Disaat yang lain sedang istirahat saya mengurus administrasi untuk melakukan pendakian di gunung prau tersebut. Ternyata pada tanggal 16-17 agustus tersebut tercatat ada kurang lebih 6000 orang yang melakukan pendakian di gunung prau. Tepat pukul 11 malam kita memulai pendakian, pendakian dilakukan oleh 5 orang, 4 laki- laki dan 1 perempuan.

Setelah 20 menit melakakukan pendakian, ternyata teman- teman saya sudah mulai kelelahan, terutama yang perempuan, karena ini merupakan pendakian gunung pertama kalinya. Setelah kurang lebih 2,5 jam pendakian, akhirnya kita sampai di puncak gunung prau. Kami istirahat sebentar sebelum mendirikan tenda, sesambil memakan bekal yang kami bawa. Setelah itu kami langsung mendirikan tenda dan menyiapkan alat memasak untuk membuat kopi. Tidak beberapa lama kemudian akhirnya kami memilih untuk beristirahat karena esok hari harus bangun pagi untuk melihat Sunrise.

Pada pukul 5 pagi Alarm berbunyi dan saya membangunkan teman- teman saya. Kami sholat shubuh terlebih dahulu sebelum melihat sunrise tersebut, bagian timur langit sudah memerah pertanda matahari akan segera muncul, pemandangannya sungguh begitu indah, kami mengabadikan momen sunrise tersebut dengan sebuah kamera. Puncak sunrise tersebut terjadi pada pukul 06.30 Wib, setelah matahari meninggi, kemudian kami berpencar kesana kemari untuk berfoto- foto mengambil baground yang bagus. Kira- kira jam 7 pagi diadakan upacara bendera secara simbolik untuk memperingati hari kemerdekaan RI. Setelah semuanya puas mengambil gambar di puncak gunung prau, kemudian saya menyalakan kompor untuk memasak Popmie yang telah kami bawa sebelumnya, setelah air mendidih kami langsung membuat popmie tersebut. Setelah perut terisi kemudian kami langsung bergegas untuk membongkar tenda dan dilanjutkan perjalanan turun gunung. Sebelum perjalanan turun terlebih dahulu kita berdoa, 1 jam perjalanan menuruni gunung ternyata jalurnya macet total, sudah seperti di jalan pantura waktu mudik, jadi perjalanan turun itu malah lebih lama daripada perjalanan waktu naik gunung. Kira- kira jam 11 siang kami sudah sampai di basecamp patakbanteng dan beristirahat sebentar sebelum melakukan perjalanan pulang ke klaten.

Ini merupakan pendakian saya bersama teman- teman saya yang cukup mengasyikkan, silahkan kalian mencoba untuk melakukan pendakian di gunung prau, insyaAllah tidak akan kecewa karena pemandangannya bagus ditambah lagi dari puncak Telaga warna di Dieng kelihatan dengan jelas. Dan gunung prau cocok bagi pendaki pemula seperti saya.

---
Sekian dan terimakasih sudah mau membaca perjalanan pendakian gunung prau via patakbanteng wonosobo