Device and Server

IP

Breaking News

Penyakit penyakit hati dalam islam

Penyakit penyakit hati dalam islam
Segala puji bagi Allah, satu satunya Rabb yang berhak disembah, Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Nabi Muhammad saw, beserta keluarganya, para sahabatnya dan orang- orang yang selalu mengikutinya hingga akhir zaman.
Di dalam kehidupan manusia hati mempunyai peranan yang sangat penting, karena baik buruknya semua amalan yang dilakukan oleh seorang hambasangat dipengaruhi oleh hati. Jika hati seseorang itu baik maka baik pula akhlaknya, begitu pula sebaliknya, sebagaiman sabda Rosulullah saw “ Ketahuilah bahwa di dalam tubuh terdapat segumpal darah, apabila ia baik makan seluruh tubuh akan baik, dan apabila rusak maka seluruh tubuh akan rusak. Ketahuilah ia adalah hati ( H.R. Bukhari dan Muslim )
Oleh karena itu sudah selayaknya bagi kita untuk selalu menjaga hati agar tetap bersih dan sehat sebagaimana kita berupaya untuk menjaga kebersihan jasmani/ fisik kita, yaitu dengan mengetahui kemudian menghilangkan berbagai  kotoran serta penyakit yang terdapat di dalam hati, agar hati selalu bersih dan baik.

JENIS JENIS PENYAKIT HATI

Kaum muslimin yang dirahmati Allah, jenis penyakit hati yang bisa menjangkit hati sangatlah banyak, maka sangat penting bagi kita untuk mengetahui jenis jenis penyakit hati yang dapat meracuni hati kita. Berikut ini adalah macam macam penyakit hati yang seharusnya kita hindari.
Syirik
Diantara penyakit hati tang paling berbahaya adalah syirik yaitu menyekutukan allah. Syirik merupakan dosa yang paling besar. Ibnu Mas’ud ra bertanya kepada Rosulullah saw “ wahai Rosulullah, dosa apakah yang paling besar? Maka beliau menjawab “ yaitu engkau mengangkat sekutu bagi Allah ( dalam beribadah ) padahal dialah yang telah menciptakanmu ( H.R Bukhari dan Muslim )
Oleh karena itu kesyirikan dapat mematikan hati, karena menjadikan selain Allah sebagai sesembahan pelindung dan penolong, serta tempat bergantungnya hati, padahal sesuatu selain allah adalah lemah, 
Ada tiga jenis kesyirikan :
Syirik dalam Rububiyah : meyakini bahwa ada sesuatu selain Allah yang mampu menciptakan alam semesta, mengatur, memberi rezeki, menghidupkan atau mematikan
Syirik dalam uluhiyyah : menyekutukan Allah dalam beribadah kepada-Nya. “Barang siapa yang memalingkan satu macam ibadah kepada selain allah maka ia telah melakukan kesyirikan”
Syirik dalam nama dan sifat : seseorang mensifatkan makhluk Allah dengan sebagian nama dan sifat sifat Allah yang khusu bagiNya atau sebaliknya, yaitu menyamakan sifat atau nama Allah dengan nama atau sifat makhluk yang penuh dengan kekurangan ( manusia )
Riya’
Adalah seseorang yang memperlihatkan ibadah nya kepada orang lain demi mendapatkan pujian, termasuk dalam makna ini adalah sum’ah yaitu memperdengarkan/ menceritakan amalannya kepada orang lain demi mendapatkan pujian.
Riya’ merupakan racun bagi hati yang dapat juga menghapus pahala amalan seseorang, selain itu riya’ juag termasuk dalam cabang kesyirikan
Ciri ciri Riya’
Orang yang terkena riya’ mempunyai ciri ciri diantaranya disebutkan oleh Ali bin Abi Thalib ra yaitu
[1] dia menjadi pemalas apabila sendirian
[2] dia menjadi giat apabila ditengah tengah orang banyak
[3] dia menambah kegiatan kerjanya jika dipuji dan berkurang jika di ejek

Sombong        
Perkara penyakit hati berikutnya adalah sombong. “ sikap sombong adalah memandang dirinya berada di atas kebenaran dan merasa lebih di atas orang lain. Orang yang sombong merasa dirinya sempurna dan memandang dirinya berada di atas orang lain. Sebagaimana sabda beliau “ Sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain” ( H.R Muslim ). Penyakit inilah yang menimpa kepada iblis ketika enggan sujud kepada Nabi adam as.
Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para Malaikat:”Sujudlah kamu kepada Adam”, maka sujudlah mereka kecuali iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir. (QS. 2:34)

‘Ujub
‘ujub adalah perasan kagum terhadap diri sendiri hingga seolah olah dirinyalah yang paling utama daripada orang lain, sehingga orang yang  ‘ujub merasa dirinya besar. Ini merupakan penyakit hati yang kronis yang bisa membuat pelakunya enggan bertaubat dan merupakan awal dari kesombongan.
Diantara dampat ‘Ujub yang dapat merusak hati ialah
            [1] Ia lupa bersyukur kepada Allah swt
            [2] Hilangnya sifat rendah diri dihadapan Allah swt
            [3] Bersikap sombong dan hilang tawadhu’ di hadapan manusia.

Hasad | iri hati
Penyakit hati yang terakhir dari pembahasan ini adalah Hasad, hasad tertanam dalam tabiat manusia, yaitu mereka benci jika ada seseorang sesama manusia yang mengunggulinya ( lebih darinya ). Orang yang terkena hasad tidak senang apabila orang lain mendapat nikmat yang mereka sendiri tidak mendapatkannya.
Rosulullah saw telah memberikan nasihat agar kita menjauhkan diri dari sifat hasad sebagaimana Sabda beliau “ janganlah kalian saling Hasad, janganlah saling membenci, jangan saling memboikot, dan jadilah kalian hamba hamba allah yang bersaudara ( HR Muslim)

Penutup
Demikianlah penjelasan tentang penyakit hati yang sering menjangkit manusia yang mana syaitan selalu berupaya untuk menyesatkan kita. Dan hendaknya kita selalu berusaha untuk menjauhkan diri dari godaan syaitan dan tentunya juga diiringi dengan memohon ampunan dan perlindungan kepada Allah swt

No comments:

Post a Comment

Designed By