Device and Server

IP

Breaking News

Cara Memperbarui Iman Seseorang


Memperbarui keimanan

Benarkah iman dapat hilang dan adakah cara untuk memperbaruinya ?

       Iman memang dapat hilang dan dapat juga menjadi lemah, hilang iman seseorang kalau seseorang itu murtad. Iman menjadi lemah kalau seseorang tidak membinanya secara baik. Pembinaan iman adalah dengan beribadah secara baik. Orang yang selalu mengerjakan ibadah dengan baik akan terjaga agamanya yakni iman dan amalny. Karena itulah beribadah dengan baik itu diperitahkan oleh AllahSwt, agar manusia menjadi muttaqin. Muttaqi sendiri berarti orang yang dapat menjaga diri. Demikian disebutkan dalam Qs Al baqarah ayat 21.

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اعْبُدُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ وَالَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ 
Wahai manusia, sembahlah Tuhanmu Yang telah menciptakanmu dan orang-orang yang sebelummu, agar kamu bertakwa.
QS. al-Baqarah : 21      

          Kelemahan hati dalam melakukan ibadah dapat mengantar pada perbuatan- perbuatan yang tidak terpuji, bahkan dapat menjerumuskan pada erbuatan maksiat yang lebih besar yang menjadikan hati nurani manusia menjadi tertutup. Inilah gambaran manusia yang melemah imannya
Hadits riwayat Al Bukhori dari Abu Hurairah mengatakan kalau sampai orang melakukan perbuatan maksiat seperti mencuri, minum khamar atau berzina, maka orang tersebut imannya sedang lemah dan tidak sempurna.

 لا يَزْنِي الزَّانِي حِينَ يَزْنِي وَهُوَ مُؤْمِنٌ وَلا يَسْرِقُ السَّرِقُ حِينَ يَسْرِقُ وَهُوَ مُؤْمِنٌ وَلا يَشْرَبُ الْخَمْرَ حِينَ يَشْرَبُهَا وَهُوَ مُؤْمِنٌ، وَلا يَنْتَهِبُ نُهْبَةً ذَاتَ شَرَفٍ يَرْفَعُ النَّاسُ إِلَيْهِ فِيهَا أَبْصَارَهُمْ حِينَ يَنْتَهِبُهَا وَهُوَ مُؤْمِنٌ

Artinya : “Tidaklah berzina seorang pezina tatkala dia berzina dalam keadaan mukmin, tidaklah mencuri seorang pencuri tatkala dia mencuri dalam keadaan mukmin, tidaklah seseorang meminum khamar tatkala meminumnya dia dalam keadaan mukmin, dan tidaklah seseorang merampas barang berharga yang para manusia mengangkat pandangan kepadanya ketika merampasnya ia dalam keadaan mukmin.” (Riwayat Bukhari no. 2343 dan Muslim no. 57 dari Abu Hurairah)

Untuk memberi indzar atau peringatan ahwa iman seseorang dapat menjadi usang dan agar selalu diperbari, Nabi bersada :
Artinya : “ Sesungguhnya iman itu dapat usang dalam dirimu sebagaimana usangnya pakaianmu, maka dari itu mohonlah kepada Allah agar Allah memperbarui iman pada hati- hatimu sekalian ( HR. Ath Thabarani, Al Hakim )

Persoalan bagaimana memperbarui iman itu menurut yang dituntunkan oleh Nabi. Jawabnya berdasarkan riwayat Ahmad dari Abu Hurairah dengan nilai hasan, Nabi pernh Bersabda :
Artinya : Perbaruilah imanmu sekalian”, Ada orang berkata, “Bagaimana kami memperbari iman kami hai Rosululah ?” Nabi bersabda: “Perbanyak ucapan LAAILLAAHA ILLALLAH”. ( HR. Ahmad dengan sanad yang baik )

Demikian cara memperbarui iman, yang tentu saja buka dalam ucapan tanpa arti, tetapi haruslah ucapan yang disertai denganhati yang sugguh dan diikuti dengan perbuatan yang baik dan benar

Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum wr wb.

2 comments:

Designed By